Competitive advantage  merupakan pengembangan sebuah rencana strategis bersifat kritis dalam  menciptakan keunggulan bersaing bagi suatu bisnis kecil. Keunggulan  bersaing merupakan kumpulan faktor-faktor yang membedakan suatu  perusahaan dari pesaingnya dan memberikan posisi yang unik dalam pasar. 
Biasanya wirausahawan yang  berhasil adalah ahli dalam berpikir strategis. Mereka tahu apa yang  harus dilakukan agar berhasil di pasar tempat mereka bersaing. Mereka  tahu bahwa mereka harus menginvestasikan sumber daya mereka yang  terbatas itu secara bijaksana. Para wirausahawan ini memikirkan setiap  gerakan strategis yang mereka lakukan untuk memastikan bahwa gerakan itu  memperkuat fokus strategis perusahaan. 
Memperoleh keunggulan bersaing  merupakan sasaran yang bergerak dan tidak harus merupakan sesuatu yang  tetap. Hal-hal rinci yang membentuk keunggulan perusahaan memerlukan  modifikasi dan adaptasi terus menerus agar memenuhi kebutuhan yang  berubah-ubah. Suatu bisnis mungkin dapat mempertahankan keunggulan ini  selama puluhan tahun, sedang yang lain kehilangan keunggulannya terhadap  pesaing hanya dalam waktu hitungan musim. 
Agar terus maju, sebuah  perusahaan kecil harus menetapkan suatu rencana bisnis untuk menciptakan  citra yang unik dalam pikiran calon pelanggan. Jalan lain untuk bisnis  kecildalam mencari keunggulan bersaing adalah sesuatu yang memang  dirancang untuk keterampilan dan sumber daya bisnis seperti kedekatan  dengan pelanggan, membina hubungan baik dengan pelangggan melalui  penyampaian produk dan jasa yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
Sewaktu mengembangkan  perencanaan strategis, perusahaan-perusahaan kecil sebenarnya memiliki  banyak keunggulan dibandingkan perusahaan besar pesaingnya. Bisnis kecil  biasanya hanya memiliki sedikit jenis produk, basis pelanggan yang  lebih jelas dan biasanya sedikit. Pemilik bisnis kecil juga  mempertahankan hubungan dekat dengan pelanggannya. yang memungkinkan  mendeteksi pergeseran dalam keinginan dan kebutuhan pelanggan. Oleh  sebab itu perencanaan strategis seharusnya lebih alamiah pada bisnis  kecil daripada bisnis besar.
Demikian sedikit cuplikan mengenai Competitive Advantage. Terimakasih.

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar