Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Kamis, 17 Februari 2011

Competitive Advantage

Competitive advantage merupakan pengembangan sebuah rencana strategis bersifat kritis dalam menciptakan keunggulan bersaing bagi suatu bisnis kecil. Keunggulan bersaing merupakan kumpulan faktor-faktor yang membedakan suatu perusahaan dari pesaingnya dan memberikan posisi yang unik dalam pasar. 

Biasanya wirausahawan yang berhasil adalah ahli dalam berpikir strategis. Mereka tahu apa yang harus dilakukan agar berhasil di pasar tempat mereka bersaing. Mereka tahu bahwa mereka harus menginvestasikan sumber daya mereka yang terbatas itu secara bijaksana. Para wirausahawan ini memikirkan setiap gerakan strategis yang mereka lakukan untuk memastikan bahwa gerakan itu memperkuat fokus strategis perusahaan. 

Memperoleh keunggulan bersaing merupakan sasaran yang bergerak dan tidak harus merupakan sesuatu yang tetap. Hal-hal rinci yang membentuk keunggulan perusahaan memerlukan modifikasi dan adaptasi terus menerus agar memenuhi kebutuhan yang berubah-ubah. Suatu bisnis mungkin dapat mempertahankan keunggulan ini selama puluhan tahun, sedang yang lain kehilangan keunggulannya terhadap pesaing hanya dalam waktu hitungan musim.

Agar terus maju, sebuah perusahaan kecil harus menetapkan suatu rencana bisnis untuk menciptakan citra yang unik dalam pikiran calon pelanggan. Jalan lain untuk bisnis kecildalam mencari keunggulan bersaing adalah sesuatu yang memang dirancang untuk keterampilan dan sumber daya bisnis seperti kedekatan dengan pelanggan, membina hubungan baik dengan pelangggan melalui penyampaian produk dan jasa yang menciptakan nilai bagi pelanggan.

Sewaktu mengembangkan perencanaan strategis, perusahaan-perusahaan kecil sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibandingkan perusahaan besar pesaingnya. Bisnis kecil biasanya hanya memiliki sedikit jenis produk, basis pelanggan yang lebih jelas dan biasanya sedikit. Pemilik bisnis kecil juga mempertahankan hubungan dekat dengan pelanggannya. yang memungkinkan mendeteksi pergeseran dalam keinginan dan kebutuhan pelanggan. Oleh sebab itu perencanaan strategis seharusnya lebih alamiah pada bisnis kecil daripada bisnis besar.

Demikian sedikit cuplikan mengenai Competitive Advantage. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar